Lupakan sejenak isu kepergian Lionel Messi dari Barcelona, dibalik beberapa kejutan yang pernah dia lakukan, faktanya mega bintang Argentina tersebut memang pemain kelas wahid.

Sebagai seorang penyerang yang sangat diandalkan Barcelona selama ini, Messi telah menghadapi banyak bek-bek hebat. Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya mengakui kehebatan La Pulga, termasuk diantaranya 5 pemain berikut:

1. Sergio Ramos

Messi dan Ramos sering kali saling berhadapan karena membela dua klub yang kental akan rivalitas El Clasico. Dalam sebuah kesempatan Ramos pun menyanjung kehebatan Kapten Barcelona itu, dan menyebutnya lebih baik dari Diego Maradona.

“Di sepakbola Argentina, mereka tahu betul bahwa Diego Maradona adalah pemain bersejarah yang mengubah Argentina. Tapi bagiku, Messi adalah yang terbaik,” ujar Sergio Ramos.

2. Giorgio Chiellini

Chiellini adalah salah satu bek andalan Juventus dalam beberapa tahun terakhir. Meski terpisah liga, tapi dia kerap berhadapan dengan Messi, termasuk di Final Liga Champions Eropa tahun 2015 silam.

Menurut bek timnas Italia ini, Messi adalah pemain yang lebih baik dari rekannya sendiri, Cristiano Ronaldo.

“Saat berhadapan dengan Ronaldo, Anda masih bisa berusaha untuk tidak membiarkannya pergi. Saat berhadapan dengan Messi, Anda hanya bisa berdoa,” kata Chiellini.

3. Virgil Van Dijk

Bek Timnas Belanda dan Liverpool ini kalah bersaing dengan Messi dalam perburuan gelar Ballon d’Or 2019. Dia tidak lantas kecewa dan mengakui kehebatan La Pulga, bahkan tidak peduli kegagalan Messi di ajang Liga Champions Eropa, menurutnya Messi tetap yang terbaik.

“Saya pikir Messi adalah pemain terbaik dunia. Dia pantas mendapat status yang terbaik selama masih aktif bermain. Meski saat itu kami mengalahkannya, itu tidak menjadi masalah. Bagi saya, Messi tetap yang terbaik meski tidak mencapai final Liga Champions.” tutur Virgil van Dijk.

4. Mats Hummels

Musim ini bukan musim terbaik Messi, performanya naik turun tapi tetap bisa mencetak 36 gol untuk Barcelona di semua ajang. Menurut Mats Hummels, ketika berada dalam performa terbaik, Messi adalah yang terbaik.

“Dalam performa terbaik, Messi adalah pesepak bola terbaik yang pernah saya lihat. Titik,” kata Mats Hummels.