Kompetisi La Liga Spanyol musim ini telah berakhir, Barcelona gagal juara, kini satu-satunya harapan mereka adalah Liga Champions Eropa. Untuk target terakhir ini, Kapten Lionel Messi lantas memberikan nasihat kepada timnya.

Berakhirnya peluang Barcelona untuk menjadi juara La Liga musim ini sebenarnya sudah dipastikan sejak kekalahan melawan Osasuna pekan kemarin. Tapi masih ada satu pertandingan tersisa, dimana Raksasa Catalan berhadapan dengan Deportivo Alaves.

Setelah kekalahan tak terduga melawan Osasuna, Barcelona seperti mengamuk, mencetak lima gol tanpa balas dalam Jornada terakhir dinihari WIB tadi (20/07).

Memang kemenangan telak 5-0 tak berarti apa-apa, Barcelona tetap finish sebagai runner up, dan Real Madrid tetap jadi juaranya. Tapi, bagi Lionel Messi kemenangan besar atas Alaves sangat penting.

Bagi sang kapten, kemenangan tersebut adalah bukti komitmen dan perjuangan Barca untuk memperbaiki musim. Mengingat fakta bahwa klub masih punya Liga Champions Eropa untuk diperjuangkan, walau tentunya tidak akan mudah.

“Kemenangan ini adalah momen krusial sebab kami akan bermain untuk meraih sesuatu yang penting, yakni Liga Champions. Anda tak perlu mengenakan ban kapten untuk menyadari apa yang kami lakukan musim ini,”

“Kami semua menyadari fakta bahwa kami harus tampil lebih konsisten lagi. Seperti yang dikatakan pelatih beberapa hari lalu, ada beberapa pertandingan di mana kami tampil sangat baik. Tapi Barcelona harus menjaga performa itu selama 90 menit dan di semua pertandingan,” ujar Messi kepada Sport.

Di ajang Liga Champions Eropa, Barcelona akan menghadapi Napoli pada leg kedua di Camp Nou. Leg pertama sendiri berakhir dengan hasil imbang 1-1. Mengingat wakil Italia itu adalah lawan yang sulit, Barcelona harus benar-benar fokus dan tidak mengulang kesalahan yang sama.

“Saya kira sekarang kami membutuhkan sedikit ketenangan, menjernihkan pikiran kami, dan kembali dengan hasrat yang lebih besar dari sebelumnya,”

“Kami sudah mengatakan apa yang perlu dikatakan, kami telah mengkritik diri sendiri. Sekarang waktunya bekerja keras dan memberikan segalanya.” sambung Messi.

Rencananya, pertandingan big match ini akan berlangsung pada 9 Agustus mendatang.