Lionel Messi saat ini memang menjadi mega bintang Barcelona, pentolan klub La Liga Spanyol tersebut. Akan tetapi, di masa lalu yang bersangkutan sempat hampir mengukir kisah berbeda, karena ada beberapa klub yang nyaris mendapatkan jasanya.

Messi, 32 tahun, lahir di kota Rosario, Argentina. Dia tumbuh dan berkembang bersama dengan tim akademi Newell’s Old Boys, dan sejak berusia 13 tahun sudah direkrut oleh Barcelona.

Setelah sempat menaungi tim akademi La Masia milik Raksasa Catalan, Messi baru bergabung dengan Tim Utama sejak tahun 2004.

Sejak debutnya sampai sekarang, Messi berhasil menjelma menjadi legenda hidup Barcelona. Kapten Timnas Argentina itu menjadi mesin gol yang mematikan untuk El Blaugrana sejak masih berusia 17 tahun.

Sampai sekarang, dia tidak pernah membela klub lain selain Barcelona, tapi bukan berarti tidak ada kesempatan untuk pindah. Bahkan, beberapa pelatih dan klub mengklaim sempat nyaris mengamankan jasa Lionel Messi.

Salah satunya adalah Getafe, sebagaimana dituturkan oleh Presiden Klub, Angel Torres.

“Ya, kami sempat nyaris merekrutnya (Messi),” ujar Angel Torres kepada Marca, Kamis (21/5/2020).

Kesempatan itu terjadi di tahun 2004, dimana Getafe berusaha membujuk Barcelona untuk bersedia meminjamkan Messi dan menjamin tempat di tim utama bagi La Pulga yang kala itu masih berusia 17 tahun.

“Kalau tidak salah itu di tahun pertama atau kedua Lionel Messi setelah menembus tim utama Barcelona. Kami nyaris meminjamnya dari Barcelona pada saat itu.” Tandasnya.

Kesepakatan bahkan hampir tercapai antara kedua kubu, namun di saat-saat terakhir, pelatih Frank Rijkaard meminta Barcelona menolak kesepakatan tersebut. Dia tidak mengizinkan Messi untuk dipinjamkan ke Getafe.

“Pada akhirnya, Rijkaard tidak mengizinkan peminjaman itu terjadi, dan kami hanya bisa berangan-angan untuk menggunakan jasanya.” ujarnya.

Bisa dibayangkan, andai saja Messi benar-benar dipinjamkan ke Getafe, bisa jadi mega bintang Argentina tersebut tidak merasakan sukses seperti sekarang.

Sedangkan saat ini, Kontrak Messi di Barcelona sudah mulai memasuki fase akhir. Kontraknya akan berakhir di Camp Nou pada 2021 mendatang. Namun kabarnya pihak Barca tengah mempersiapkan kontrak anyar kepada La Pulga.