Tangerang adalah salah satu Kota yang memiliki dua klub sepakbola dalam sejarahnya, masyarakat disana terbelah menjadi fans Persita Tangerang dan Persikota Tangerang. Mungkin, kedua tim ini terus berselisih, tapi ada satu sosok yang terhubung dengan kedua klub tersebut.

Dia adalah Leo Soputan, dan faktanya meski pernah membela dua klub kota tangerang, faktanya Leo tidak berasal dari kota tersebut. Leo Soputan lahir di Kota Makasar, Sulawesi Utara, tepatnya pada tanggal 18 April 1976 silam.

Dia juga mengawali karirnya bersama dengan klub yang berasal dari Sulawesi, tepatnya Persma Manado. Namun, namanya mulai dikenal sejak kesuksesan bersama dengan Tim Sepakbola Sulut pada ajang PON tahun 1996.

Setelah itu, Leo Soputan hengkang ke Pelita Jaya yang dijuluki sebagai Los Galacticos sebab dihuni banyak pemain berlabel Tim Nasional Indonesia seperti Ansyari Lubis dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Di tahun 1998 atau dua tahun berselang, dia memutuskan hengkang ke klub Tangerang, Persita Tangerang. Hanya saja, karirnya bersama Persita tidak berlangsung lama, setahun kemudian dia pindah lagi ke Pelia Jaya.

Lalu bergabung dengan Persijatim atau yang sekarang dikenal dengan sebutan Sriwijaya FC. Barulah pada tahun 2003 dia kembali ke Persita Tangerang. Setelahnya, pemain yang berposisi sebagai bek ini sempat membela Arema dan Persibom.

Di tahun 2009, Leo Soputan kembali ke Tangerang, tapi kali ini bukan untuk Persita, melainkan untuk klub rival, Persikota Tangerang.

Nah, lantas bagaimana kabarnya mantan pemain duo tangerang tersebut saat ini? Leo Soputan melanjutkan karir di dunia sepak bola sebagai juru taktik dan telah memiliki lisensi kepelatihan level B AFC sejak pertengahan tahun 2019 lalu.

Dia mengaku bahwa cita-citanya sejak dulu memang ingin menjadi pelatih,

“Saya melanjutkan karir sebagai pelatih karena memang sudah menjadi cita-cita sejak saat masih aktif bermain,” ungkap Leo Soputan kepada INDOSPORT.

Dia bahkan sudah mulai bekerja di dunia kepelatihan, dengan menjadi assisten Rocky Martin selaku pelatih Klub Sulut United di Liga 2 Indonesia.

“Saya bergabung ke Sulut United karena menjadi kesempatan untuk melatih dan membina pesepak bola asal daerah ini agar bisa mengangkat nama Sulut di kancah sepak bola nasional,” jelas Leo Soputan.