Jonjo Shelvey memang hanya membela klub papan tengah Inggris, Newcastle United. Namun, jauh dari itu, gelandang berusia 28 tahun dinilai bisa jadi incaran Barcelona andai fokus pada karirnya di sepakbola, bukan malah kecanduan bermain golf.

Sebenarnya, sosok Jonjo Shelvey memang sempat menarik atensi publik. Performanya bersama dengan Newcastle United terbilang bagus sejak beberapa tahun lalu. Dia bahkan sempat dikaitkan dengan Manchester United, Arsenal sampai Liverpool.

Sayangnya, dalam beberapa musim terakhir ini performa pemain Inggris tersebut tampak menurun. Dia bahkan tak mampu menyelamatkan The Maghpies dari Jurang Degradasi pada kampanye musim 2017/18 lalu.

Lantas, apa yang menjadi penyebabnya? Melansir dari Evening Standard, adalah Matt Ritchie yang merupakan rekan setim Shelvey angkat bicara mengenai hal tersebut.

Bagi Richie, Jonjo Shelvey terlalu tergila-gila dengan olahraga golf, Bahkan dalam seminggu, ia mampu bermain hingga tiga kali. Dia sempat mengingatkan sang gelandang, namun diabaikan begitu saja.

“Dia (Shelvey) gila. Dia akan bermain Golf tiga kali seminggu. Dan saya katakan: ‘Jonj, kamu tak bisa melakukan itu’. Dia menjawab: Tidak, saya merasa baik Matty,'” ujar Ritchie.

Hal tersebut sangat disayangkan oleh Ritchie, mengingat bakat yang dimiliki Shelvey sangat luar biasa. Andai fokus pada sepakbola dan meninggalkan Golf, yang bersangkutan yakin Jonjo Shelvey bisa jadi incaran tim-tim besar sekelas Barcelona.

“Pria ini (Shelvey) memiliki bakat alami. Cukup lihat cara dia mengumpan, menerima bola dan menggerakan bola. Saya sering berkata padanya; ‘Jonj, jika kamu bisa sedikit fokus, kamu bisa bermain di Barcelona dengan mudah,'” lanjut Ritchie.

Sebagai informasi, sebelumnya sempat disebut bakat muda saat pertama kali diboyong Liverpool pada 2010. Bahkan ia mampu tampil sebanyak enam kali bagi Timnas senior Inggris. Akan tetapi, penampilannya yang tak konsisten merusak bakatnya tersebut.

Jonjo Shelvey gagal menunjukkan kemampuannya secara berkelanjutan dan berakhir di tim-tim papan bawah, termasuk diantaranya Swansea City dan sekarang Newcastle United.

Meski demikian, tentu saja Jonjo Shelvey masih bisa merubah nasibnya, mengingat usianya masih 28 tahun.