Peranan seorang penjaga gawang dalam sebuah tim sepakbola sangat penting, terlebih di era Sepakbola Modern seperti sekarang ini. Kiper adalah palang terakhir dalam barisan pertahanan sebuah tim, kemampuannya sangat diandalkan.

Selama beberapa tahun terakhir ini, sosok penjaga gawang mulai jadi sorotan. Banyak yang dibanderol dengan angka yang sangat tinggi seperti Kepa Arrizabalaga, David De Gea, atau Thibaut Courtois. Hal tersebut membuktikan bahwa Kiper kini mulai dihargai.

Selain hanya menjaga gawang agar tidak kebobolan, peranan seorang kiper juga berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Dalam strategi sepak bola modern, kiper bisa membantu serangan ketika tendangan bebas atau sepak pojok.

Selain itu, mereka juga dibutuhkan saat tim sedang berusaha untuk membangun serangan balik cepat. Terkadang, tak sedikit penjaga gawang yang sampai maju untuk membantu lini pertahanan ketika memang terdesak atau diperlukan.

Melansir Give Me Sport, Senin (20/4/2020), FourFourTwo membuat daftar 10 kiper terbaik di dunia. Menariknya, dalam 10 pemain tersebut ada nama David de Gea.

Ya, penjaga gawang asal Spanyol tersebut memang sempat cemerlang, namun beberapa tahun belakangan ini performanya meredup. Bahkan, pihak Manchester United sempat dikabarkan ingin membeli kiper anyar pada musim panas nanti.

Hanya saja, kendati berhasil masuk dalam daftar ini, nama David De Gea berada di urutan ke-10 atau paling buncit. Yang mengejutkan adalah Peter Gulacsi, dia memang tampil cemerlang bersama dengan RB Leipzig, akan tetapi kualitasnya mampu menggeser kiper top sekelas Kepa Arrizabalaga.

Sedangkan Kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen berhasil menempati posisi ke-3 dalam daftar ini. Lantas siapa yang nomor satu? Tiada lain adalah kiper andalan Atletico Madrid, Jan Oblak.

Adapun untuk selengkapnya, berikut daftar 10 Kiper Terbaik Dunia 2020 versi FourFourTwo.

1. Jan Oblak – Atletico Madrid/Slovakia
2. Alisson Becker – Liverpool/Brazil
3. Marc-Andre Ter Stegen – Barcelona/Jerman
4. Thibaut Courtois – Real Madrid/Belgia
5. Keylor Navas – Paris Saint-Germain/Kolombia
6. Peter Gulacsi – RB Leipzig/Hungaria
7. Samir Handanovic – Inter Milan/Hungaria
8. Manuel Neuer – Bayern Munchen/Jerman
9. Ederson Moraes – Manchester City/Brazil
10. David De Gea – Manchester United/Spanyol